TEUKU SAMA INDRA
Bupati Kab. Aceh Selatan Aceh, Provinsi Aceh

Minggu, 28 Oktober 2012

Jejak Suku Bugis di Tanah Kluet

http://aceh.tribunnews.com
Oleh Marzuki SB

SUKU Bugis merupakan sebuah komunitas yang pernah hidup dan berkembang di Aceh. Suku Bugis berasal dari Sulawesi Selatan. Pada abat ke 16-17 orang-orang Bugis masuk ke Aceh sebagai pedagang rempah-rempah. Dalam beberapa tulisan diceritakan bahwa suku bugis, selain berperan sebagai pedagang rempah-rempah, juga mempunyai pengaruh besar di masa kesulthanan kerajaan Aceh masa Iskandar Muda.

Irini Dewi Wanti, dalam tulisannya menyebutkan Silsilah Sultan Aceh keturunan Bugis diawali dengan kisah seorang yang bernama Daeng Mansyur dari Wajo (kini salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan). Ia seorang anak raja yang terdampar di perairan Pidie. Apakah keberadaan orang Bugis di tanah Kluet, kabupaten Aceh Selatan punya kaitannya dengan pelayaran orang-orang Bugis yang ada di wilayah Pidie? atau karena orang-orang Bugis ketika itu merupakan pedagang rempah-rempah yang tersebar di berbagai daerah di Nusantara. Ada pula cerita yang berkembang bahwa suatu ketika sekitar abad 16-17 timbul gejolak perang di Sulawesi Selatan sehingga orang-orang Bugis keluar untuk mencari perlindungan dan bantuan ke daerah lain di nusantara.

Sejauh ini, dalam sejarah yang berkembang di masyarakat pesisir laut selatan disebutkan bahwa orang-orang Bugis masuk ke daratan Kluet, Aceh Selatan. Namun, hal ini tidak banyak diketahui oleh orang-orang Aceh ketika itu. Diperkirakan pada abat ke 17-18, orang-orang Bugis masuk ke wilayah Kluet melewati muara sungai Asahan atau GampĂ´ng Pasie Kuala Asahan (sekarang sungai tersebut menjadi perbatasan antara Kemukiman Asahan dengan Kemukiman Kuala Bak U, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan).

selengkapnya ...