TEUKU SAMA INDRA
Bupati Kab. Aceh Selatan Aceh, Provinsi Aceh

Sabtu, 03 November 2012

Pendaftaran Kandidat PA Berlangsung Tegang

http://aceh.tribunnews.com

TAPAKTUAN - Proses pendaftaran pasangan bakal calon (balon) bupati/wakil bupati Aceh Selatan dari Partai Aceh (PA), Jumat (2/11), berlangsung dalam suasana menegangkan dan sempat diwarnai aksi saling kejar. Pergesekan itu terjadi antara sejumlah anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) yang mempersoalkan pencalonan Tgk Muhammad Natsir/Zulkifli alias Zulfata sebagai cabup/cawabup yang diusung PA dengan pihak yang mendukung penuh pencalonan itu. 

Namun belakang, diperoleh informasi pasangan Muhammad Natsir/Zulkifli telah resmi didaftarkan kepada KIP sekitar pukul 21.00 WIB. Hanya saja, belum diperoleh keterangan resmi dari pihak PA maupun pihak KIP. Karena saat berita ini diturunkan pukul 21.30 WIB, suasana di kantor KIP Aceh Selatan masih cukup tegang. 

Pantauan Serambi, massa yang sudah berada di kantor KIP sejak Jumat (2/11) siang kemarin, baru mulai berangsur-angsur meninggalkan kantor KIP sekitar pukul 22.00 WIB malam tadi. Itu pun setelah beredar informasi bahwa PA telah resmi mendaftarkan bakal cabup/cawabupnya, dan kandidat yang didaftarkan pun telah meninggalkan kantor KIP Aceh Selatan, melalui pintu belakang.  

Mencegat 
Sebelumnya, suasana tegang sudah mulai terjadi saat mobil pasangan Tgk Muhammad Natsir/Zulkifli memasuki pekarangan KIP Aceh Selatan, siang kemarin. Sekelompok orang yang mempersoalkan pencalonan pasangan ini langsung mencegat mobil dimaksud. Mereka sudah menunggu di tempat itu sejak siang. 

Massa juga sempat mencabut bendera partai yang dipasang di depan mobil dan spanduk pasangan tersebut, kemudian merobeknya. Bentrokan kecil dengan beberapa anggota pendamping rombongan kandidat itu pun tak terelakkan. Kendati tak ada korban yang luka, namun aksi tersebut sempat menyedot perhatian warga dan para pengguna jalan yang sedang melintasi ruas jalan seputar Kantor KIP Aceh Selatan. 

Puluhan personel polisi dari Polres Aceh Selatan dibantu beberapa personel TNI dari Kodim 0107/Aceh Selatan tampak bersiaga mencegah terjadinya bentrokan.  Pun demikian, bentrokan kecil dan aksi kejar-kejaran tetap saja terjadi.  

SELENGKAPNYA ...